Syafrizal Minta Pencairan Dana Desa Dipercepat

0

PADANG – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Provinsi Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM mengingatkan pentingnya sinergitas antar pelaku, pembina dan pendamping dalam pelaksanaan Dana Desa tahun anggaran 2020. Tujuan akhirnya adalah keharmonisan dalam mencapai keberhasilan program pembangunan di desa atau nagari.

Hal itu disampaikan Kadis PMD Sumbar ketika membuka Rapat Koordinasi Pembinaan dan Pengawasan Dana Desa Tahun Anggaran 2020 di Hotel Daima, Padang, Kamis (23/1) pagi. Kadis didampingi oleh Kabid Pemerintahan Nagari Azwar, SE.,M.Si., KPW Dana Desa antara lain Khairul Anwar, SH.,M.Hum., Fery Irawan,SE dan Muchlasin, LC.

Rakor yang berlangsung satu hari penuh ini diikuti oleh Kadis PMD/N se Sumbar, Kordinator Konsultan Pendamping Wilayah Dana Desa, Tenaga Ahli PMD Kabupaten/Kota. Ikut hadir dalam pembukaan dan memberi Dodi, SE dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sumbar.

Menurut Kadis PMD Sumbar Syafrizal Ucok, dalam Tahun Anggaran 2020 ini, diharapkan Kadis PMD Kabupaten/Kota segera melakukan dua hal. Pertama, pencarian Dana Desa dipercepat dengan persyaratan Perbup/Perwako, Perna tentang APB Desa/Nagari dan Surat Kuasa Bupati/Wako pemindahbukuan Dana Desa.

Kedua, segera disusun Perbup/Perwako tentang pengadaan barang dan jasa di desa serta pembentukan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) untuk membantu perangkat nagari.

Diharapkan, kabupaten/kota yang menerima Dana Desa untuk segera mencairkan tahap I. Sumbar biasanya termasuk yang cepat dalam pencarian. “Saya harapkan awal Februari 2020 ini sudah pada cair Dana Desa tahap I, supaya mulai bergerak pula dana di masyarakat,” kata Syafrizal Ucok, mantan Penjabat Bupati Dharmasraya ini.

Dari diskusi yang berkembang dalam Rakor ini, Kadis PMD se Sumbar sangat antusias dengan Program Surga Desa. Karena itu, direncanakan konsultasi dan minta presentasi kepada Kementerian Desa pada Februari mendatang.

(GN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.