Pemprov dan Unand Sepakat KKN 2020 Makin Inovatif

0

Pemerintah Provinsi Sumbar dan Universitas Andalas sepakat untuk menyelenggarakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) mahasiswa tahun 2020 yang lebih inovatif dan lebih bermanfaat untuk masyarakat nagari. Karena itu, ke depan dukungan pemerintahan nagari, pilihan program maupun pengelolaan KKN akan dilakukan lebih maksimal.

Demikian benang merah dari Training of Trainer (ToT) Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN Unand, ditambah dengan diskusi yang hangat, yang berlangsung Sabtu (14/3) di Gedung Perpustakaan Unand, Kampus Limau Manis.

ToT DPL dibuka oleh Ketua LPPM Unand DR. Ing. Uyung Gatot S. Dinata, dengan menghadirkan tiga nara sumber utama yaitu DR. Hasrullah, MA (Wakil Dekan III FISIP Universitas Hasanudin, Makassar), Drs. H. Syafrizal Ucok, MM (Kepala Dinas PMD Sumbar) dan DR. Ir. Ujang Khairul (Kepala UPT KKN Unand).

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM. kehadiran mahasiswa KKN di nagari dan desa, sangat membantu. Selain berbagi ilmu, berbagi ide, banyak program pembangunan di nagari dapat dipacu pelaksanaannya dengan kehadiran adik-adik mahasiswa KKN.

“Sinergitas antara potensi yang ada di nagari, seperti perangkat nagari dan pemuda nagari dengan intelektual muda dari kampus akan dapat melahirkan program praktis dan mendorong tingkat partisipasi masyarakat yang lebih baik,” kata Drs. H. Syafrizal Ucok, MM.

Sejauh ini, kata Syafrizal Ucok, aktifitas mahasiswa di nagari dalam masa KKN cukup positif. Apalagi banyak program nagari dapat pula didorong percepatan serta tingkat partisipasinya. Bahkan Gubernur Sumbar sudah menyurati Bupati/Wako untuk memberikan arahan kepada Wali Nagari/Kades mengalokasikan dukungan dana untuk kegiatan mahasiswa KKN dalam anggaran nagari/desa.

Sementara itu, DR. Hasrullah, MA dari Unhas Makassar membagi pengalamannya dalam mengelola KKN, termasuk KKN Kebangsaan yang dicetuskannya. “Kata kunci keberhasilan program KKN adalah kolaborasi dengan berbagai pihak, di dalam maupun di luar kampus, swasta ataupun lembaga negara,” kata Hasrullah.

Ketua UPT KKN Unand DR. Ir. Ujang Khairul optimis, dengan bersemangatnya dosen mengikuti ToT DPL ini, KKN Unand ke depan menjadi lebih baik. ToT ini diikuti oleh 200 dosen, terutama dosen muda yang masih energik. (gk)

Leave A Reply

Your email address will not be published.