Selasa, TMMN ke-109/Pesisir Selatan Dibuka Bupati Hendrajoni

0

Jika tak ada aral melintang, hari Selasa (22/9) pagi, Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, SH.MM akan membuka TMMN (Tentara Manunggal Membangun Nagari) ke-109 TA 2020 Kodim 0311 Pesisir Selatan bertempat di Gedung Painan Convention Center (PCC). Acara pembukaan juga akan dihadiri Danrem 032/WB Brigjen TNI Arief Gajah Mada.

Kepastian pembukaan TMMD ke-109/TA 2020 Pessel ini diperoleh setelah pertemuan Kepala Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM dengan Dandim 0311/Pessel Letkol Inf Gamma Arthadilla Sakti, Jum’at (18/9) lalu di Makodim Painan.

Menurut Kadis Syafrizal Ucok, rencananya TMMN akan dibuka di lokasi yaitu di Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, namun karena menghindari kerumunan maka pembukaan TMMN dilakukan secara terbatas dengan protokol kesehatan di Gedung PCC Painan.

Dalam pertemuan dengan Dandim 0311/Pesisir Selatan, Kadis PMD Sumbar Syafrizal Ucok didampingi oleh Kabid UEM TTG Desrianto Boy, S.Pd.,M.Pd., tokoh perantau Pesisir Selatan Raswin, SH.,MH., pemuka masyarakat Painan Sutarto, SH., dan Sekretaris SMSI Sumbar Gusfen Khairul.

Sesuai rencana, pembukaan dilakukan oleh pejabat daerah, yaitu Bupati Hendrajoni. Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan serta kunjungan ke lapangan yaitu ke Kecamatan IV Nagari Bayang Utara.

Seperti TMMN sebelumnya, kata Syafrizal Ucok, Pemprov Sumbar akan mensupport pelaksanaan TMMN dengan bantuan berupa bibit pohon, semen, bibit ikan, bahan bangunan dan lain-lain melalui Dinas PMD Sumbar. “Biasanya ada Rakor TMMN yang dihadiri oleh seluruh OPD, namun karena pandemi Covid-19 Rakor tidak dilaksanakan,” kata Syafrizal Ucok, mantan Wakil Bupati Pesisir Selatan ini.

Sementara itu Dandim 0311/Pesisir Selatan Letkol Inf Gamma Arthadilla Sakti mengatakan, sebelum acara pembukaan telah dilaksanakan Pra TMMN yaitu tanggal 4-20 September 2020, yaitu membuka jalan baru dari Kampung Dilan ke Pancung Taba sepanjang 3,7 kilometer.

Selain itu ada kegiatan fisik TMMN ke-109 yaitu pembuatan gorong-gorong dan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 5 unit. “Partisipasi masyarakat luar biasa, sehingga dalam masa Pra TMMN sudah banyak yang bisa dikerjakan oleh prajurit TNI dan masyarakat,” kata Dandim 0311 Letkol Inf Gamma Arthadilla Sakti, yang sekaligus Dansatgas TMMN ke-109/TA 2020.

Camat IV Nagari Bayang Utara Ronald Bernando, S.IP yang dihubungi mengatakan, bahwa masyarakatnya sangat menyambut baik atas pelaksanaan TMMN ke-109. Dengan kebersamaan TNI dan masyarakat, telah dapat membuka akses jalan ke kampung yang selama ini terisolir.

“Kerjasama prajurit TNI dan masyarakat dalam kegiatan TMMN dapat menggairahkan semangat gotong royong. Setiap hari kami lihat anggota TNI bahu membahu dengan masyarakat. Ibu-ibu pun ikut berpartisipasi meskipun hanya dengan dengan kue dan secerek teh manis,” kata Camat IV Nagari Bayang Utara Ronald Bernando, S.IP. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.