Restoran dan Tempat Makan Wajib Jaga Protokol, Waspadai Kluster Terbaru Covid-19

0

Ditengah pandemic ini, berbagai makanan seperti sayuran, daging, ikan segar tentu menjadi salah satu pemasok vitamin yang paling baik untuk meningkatkan imun. Misalnya, seperti soto bening, lamongan, bandung, dan berbagai makanan berkuah penuh sayur ini memang memiliki berbagai vitamin. Kendati demikian, ketika kita makan diluar. Tentu kita harus memperhatikan 3 M dan selalu menjaga jarak.

Pasalnya, baru-baru ini beredar bahwa salah satu karyawan di warung soto lowongan di Yogyakarta di sekitar XT square terinfeksi virus corona. Dan baru-baru ini pemerintah Yogyakarta akhirnya membenarkan hal tersebut, ternyata keluarga dan juga karyawan warung soto  lamongan tersebut positif covid 19. Hal ini sudah di jelaskan oleh wakil wali kota Yogyakarta yaitu bapak poerwadi. Dirinya menjelaskan bahwa hal ini terungkap setelah tim gugus covid melakukan swab test pada 19 orang yang ada di warung tersebut. setelah dilakukan tracing, ternyata 10 orang telah dinyatakan positif covid 19. 10 orang itu adalah keluarga dan juga karyawan dari soto lamongan. Karna kejadian ini soto lamongan menjadi salah satu klaster baru di Yogyakarta. Karena adanya kejadian ini, para pembeli yang pernah membeli di bulan agustus lau diminta untuk melakukan isolasi mandiri atu mendatangi faskes (fasilitas kesehatan) terdekat untuk melakukan rapid test. 

Pada awanya hal ini mulai terkuak saat seorang pendagang soto mengalami demam yang tak kunjung sembuh. Akhirnya dia mulai memeriksakan dirinya ke dokter dan menjalani rawat inap di rumah sakit setempat. Kemudian pendagang tersebut menjalankan swab test dan ternyata hasilnya yang keluar pada tanggal 24 agustus menyatakan bahwa pedagang tersebut positif covid-19. Setelah pedagang diketahui positif covid, warung soto lamongan tersebut ditutup dan di semprot dengan desinfektan. Kemudian dilakukan tracing pada pegawai, dan keluarga pegawai dazri penjual soto tersebut. karena kejadian ini 1 orang dinyatakan meninggal dunia pada tanggal 14 september lalu. 

Bisa kita lihat bahwa penyebaran covid sekarang ini bisa dari mana saja, hal ini membuat kita harus selau berhati-hati jika keluar rumah. lebih baik kita mengurangi aktivitas kita di luar rumah jika memang tidak ada kepentingan. Dengan kejadian warung soto lamongan di Yogyakarta jadi klaster baru, keluarga dan karyawan positif covid 19, kita harus paham bahwa penyebaran penyakit ini benar-benar tidak bisa kita remehkan. Untuk menghindari kejadian tertularnya kita saat berada diluar rumah, kita harus menaati protokol kesehatan.

Covid 19 ini sudah ada selama satu tahun lebih dan menjadi pandemic besar di seluruh dunia. Perlu kita ketahui bahwa jumlah kasus covid-19 di indonesia terus meningkat dan jumlah kluster pun terus bertambah dan salah satunya adalah kluster warung soto lamongan.

 Hal ini bisa terjadi karena menurunnya tingkat kewaspadaan masyarakat pada penyakit covid 19 ini. saah satu cara menanggulangi penularan covid 19 yaitu dengan melakukan 3 M, yaitu menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan. Menjaga jarak yang di maksud, sebaiknya kita tidak terlau banyak beraktifitas diluar rumah jika memang tidak ada kebutuhan, kita juga harus menjaga jarak saat berkomunikasi dengan seseorang, minimal jarak kita dengan orang lain yaitu sekitar 2 meter. 

Kemudian menggunakan masker, sekarnag ini menggunakan masker adalah salah satu hal yang wajib saat kalian akan pergi keluar rumah, gunakan masker untuk menghindari penularan covid-19, gunakan masker kain ataupun masker kesehatan. Selanjutnya yang terakhir yaitu selau mencuci tangan, usahakan tangankalian selau bersih dan pakain sabun untuk mencuci tangan, cuci tangan kalian dengan benar sampai ke pergelangan tangan. Jika kalian tidak bisa mencuci tangan karena beberapa hal seperti tidak tersedianya air untuk mencuci tangan, kalian bisa menggunakan handsanitizer dengan kadar alcohol 70%, bawa handsanitizer kalian kemanapun kalian pergi.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.