10 Hal Ini Bisa Menyebabkan Puasa Ramadhan Batal

0

Puasa adalah hal yang dilakukan umat muslim untuk menahan nafsu, makan dan minum mulai dari terbit matahari hingga terbenamnya sang Mentari. Tapi, menjalankan puasa tidak semudah yang dibayangkan.
Pasalnya ada cukup banyak pantangan yang tidak boleh dilakukan saat berpuasa Ramadhan. Mulai dari muntah yang disengaja, merokok, emosi, hingga mengeluarkan air mani bagi pria. Berikut dibawah ini akan dijabarkan 10 hal yang membatalkan puasa Ramadhan kamu batal :
Makan Dan Minum Dengan Sengaja
Hal utama saat berpuasa adalah menahan hawa nafsu, termasuk juga nafsu makan dan haus. Hal yang membuat puasa batal adalah sengaja makan dan minum. Tapi, jika kamu makan dan minum dengan tidak sengaja karena lupa, maka hal tersebut tidak akan membatalkan puasa. Tapi, kamu harus segera mengeluarkan makanan dan minuman yang tersisa dimulutmu.
Muntah
Saat berpuasa, kamu tidak diperkenankan untuk memasukkan ataupun mengeluarkan apapun dari dalam tubuh. Karena itu, hal lain yang bisa menyebabkan puasa batal selanjutnya adalah muntah entah disengaja ataupun tidak disengaja.
Merokok
Meski tidak makan dan minum, tapi merokok juga hal yang bisa menyebabkan puasa batal. Pasalnya saat merokok, itu berarti kamu telah memasukkan sesuatu kedalam tubuh dan merokok juga pada umumnya memiliki rasa yang bisa dirasakan lidah.
Haid Atau Nifas
Saat berpuasa, tubuh kamu harus dalam keadaan suci. Karena itu, hal yang bisa menyebabkan puasa batal bagi perempuan adalah haid dan nifas atau darah setelah melahirkan. Karena pada dasarnya, darah yang keluar pada saat haid dan nifas adalah darah kotor yang bisa menyebabkan puasa batal.
Gila Atau Hilang Akal
Orang gila atau hilang akal tidak diwajibkan berpuasa, pasalnya orang gila tentu saja sudah tidak bisa berfikir secara jernih. Tapi, jika kamu sedang berpuasa lalu hilang akal tiba tiba, maka puasa kamu batal.
Bekam
Bekam adalah metode pengobatan yang mengeluarkan darah yang mengandung toksin dari tubuh manusia. Seperti yang diketahui, kamu tidak diperkenankan mengeluarkan apapun yang ada didalam tubuh saat berpuasa, termasuk juga mengeluarkan darah. Karena itu, bekam adalah salah satu hal yang bisa menyebabkan puasa batal.
Suntikan
Pada umumnya saat disuntik, kamu akan dimasukkan obat dan cairan yang baik untuk tubuh. Karena itu, suntikan adalah hal yang bisa menyebabkan puasa batal. Cairan yang masuk kedalam tubuh kamu bisa menghilangkan rasa haus dan juga lapar.
Berhubungan Seksual
Puasa juga bisa batal jika kamu melakukan hubungan seksual dengan suami atau istri saat siang hari. Hal itu dikarenakan kamu tidak bisa menahan hawa nafsu saat sedang puasa. Jika melakukan hubungan seksual saat berpuasa, maka kamu wajib mengganti puasa (qadha) dan membayar kifarat atau denda.
Mengeluarkan Air Mani
Puasa kamu juga bisa batal jika mengeluarkan air mani atau sperma. Pada umumnya, kamu akan mengeluarkan sperma atau air mani jika terangsang oleh sesuatu atau nafsu. Tapi, jika kamu mengeluarkan air mani atau sperma saat sedang mimpi basah, maka puasa tidak batal.
Menelan Dahak
Jika kamu mengeluarkan dahak yang telah dikeluarkan ke rongga mulut, kemudian ditelan kembali dengan sengaja, maka hal itu bisa menyebabkan puasa batal. Beberapa ulama berpendapat bahwa dahak berasal dari pangkal hidung alias tidak keluar dari mulut. Sehingga hal itu serupa dengan muntah, dan memungkinkan kamu untuk menghindarinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.