Cara Meilih Provider Terbaik Sesuai Lokasi

0

 

Hampir setiap orang sudah memiliki kartu SIM yang digunakan cukup lama. Namun banyak juga yang tidak puas dengan provider yang digunakan, dan ingin berpindah ke provider lainnya. Hal ini dikarenakan banyak faktor, mulai dari kepadatan jaringan, kekuatan sinyal internet, dan lain sebagainya. 

Perlu diingat, bahwa jaringan internet dari setiap provider tentunya berbeda-beda dari lokasi satu dengan lainnya. Untuk mengetahui provider terbaik berdasarkan lokasi, caranya cukup mudah. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui jaringan internet terbaik di rumah.

 

  • Instal Aplikasi Speedtes.net Ookla

 

Dilansir dari popbela.com, aplikasi ini digunakan untuk mengetahui seberapa cepat internet yang digunakan. Anda bisa mendownload salah satu aplikasi terbaik untuk speed tes ini, yaitu Speedtest.net. Aplikasi buatan dari Ookla ini bisa didownload dari Google Play Store, maupun di App Store.

Di dalamnya selain bisa mengetes kecepatan internet, Anda juga bisa menemukan daerah mana saja yang memiliki kualitas internet terbaik, sesuai dengan provider yang digunakan. Sebenarnya banyak aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk mengecek seberapa cepat internet. Anda bisa mencobanya sendiri. 

 

  • Langsung Pencet Tombol Start

 

Ketika membuka aplikasi ini, tekan saja tombol start di tengah-tengah aplikasi. Maka sistem akan bekerja untuk mengetes seberapa cepat internet yang Anda gunakan.

Hasilnya berupa beberapa nilai yang berbeda-beda, seperti ping, download, dan upload. Ping merupakan sebuah nilai untuk menentukan seberapa stabil internet yang digunakan. Semakin mendekati nol, maka kualitas internet semakin baik.

Sedangkan download dan upload merupakan kemampuan dari internet untuk mengunduh data dan mengupload data setiap detiknya. Tentunya semakin besar nilai dari download dan upload, menandakan internet semakin baik.

Di Indonesia sendiri, provider kartu SIM yang memiliki akses internet paling cepat adalah XL Axiata, yang memiliki kecepatan hingga 28,5 Mbps. Padahal rata-rata kecepatan dari seluruh provider di Indonesia hanya sebesar 11 Mbps saja.

Selain itu, XL Axiata menawarkan sebuah kuota keluarga yang sangat tepat untuk kebutuhan keluarga. Kuota yang didapatkan bisa digunakan untuk dua orang hingga 4 orang, dengan kuota dari sebesar 28 GB hingga 460 GB. Tentunya paket ini sangat menarik banyak masyarakat, terutama saat kondisi pandemi di bulan Ramadhan seperti sekarang ini.

Harganya pun sangat terjangkau, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan keluarga. Ada 4 varian dengan harga mulai dari Rp 55 ribu hingga Rp 450 ribu.

 

  • Bisa Mengetahui Cakupan Jaringan Internet Sesuai Provider

 

Cakupan jaringan dalam beberapa wilayah bisa Anda lihat dengan aplikasi ini. Hal itu ditunjukkan dari sebaran provider yang digambarkan dalam bentuk peta wilayah. Kualitas jaringan dari berbagai provider juga bisa dilihat dari peta tersebut.

Kualitas jaringan di dalam aplikasi tersebut bisa dianggap baik, jika warnanya semakin pekat. Sementara warna yang semakin putih, menandakan kualitas jaringannya tidak baik.

Contohnya, provider XL Axiata yang digambarkan dengan warna biru. Semakin biru lokasi yang ditunjukkan, maka di lokasi tersebut XL memiliki jaringan internet yang sangat baik. Sebaliknya, semakin pudar warna biru, maka kualitasnya jaringannya juga tidak terlalu stabil.

Itulah cara menentukan provider terbaik di suatu lokasi. Aplikasi speedtest.net ini sangat efektif dan cepat dalam melihat kecepatan internet, dan juga kondisi jaringan di beberapa wilayah sesuai dengan provider yang ada di lokasi tersebut. Jadi, dengan memilih provider yang tepat, tentunya Anda tidak akan lagi kecewa dengan kartu SIM yang telah dibeli.

Leave A Reply

Your email address will not be published.