Mengenal Manfaat Jagung Untuk Kesehatan yang Baik untuk Kita

0

Selain memiliki rasa yang manis dan tekstur yang crunchy, tahukah kamu bahwa ada manfaat jagung untuk kesehatan yang bisa kita peroleh? Dengan mengonsumsi jagung secara rutin, ada berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan. Berikut ini beberapa di antaranya.

  1. Membuat suasana hati menjadi lebih seimbang

Jagung memiliki kandungan vitamin B6 yang sangat baik untuk membantu otak kita memproduksi serotonin serta nopepinefrin. Kedua bahan kimia ini memang berperan penting untuk mempengaruhi suasana hati kita. Apalagi, jagung pun memproduksi melatonin sebagai salah satu jenis zat yang kita butuhkan agar kita bisa tidur lelap di malam hari dan bangun dengan lebih berenergi pada pagi harinya.

  1. Membuat kulit tetap sehat

Kandungan vitamin C dan likopen alias antioksidan pada jagung berperan aktif untuk meningkatkan produksi kolagen serta mencegah adanya radikal bebas yang disebabkan oleh sinar ultraviolet dan bisa merusak kulit. Agar kita bisa mendapatkan manfaat jagung untuk kesehatan kulit, kita bisa menggunakannya pada olahan makanan serta mengoleskan minyak maupun pati jagung ada kulit kita. Bukan hanya itu saja, sekarang ini juga sudah banyak produk kosmetik yang menggunakan kandungan jagung sebagai salah satu bahannya.

  1. Menjaga kesehatan ibu hamil

Jagung memiliki banyak manfaat yang bisa memberikan banyak manfaat pada masa kehamilan, baik untuk ibu maupun untung sang anak. Hal ini dikarenakan kandungan jagung yang kaya akan asam folat serta senyawa bernama zeaxanthin serta asam pathogen yang mengurangi resiko cacat lahir bayi. Bukan hanya itu saja, tingginya kandungan serat pada jagung pun akan membantu kita untuk meredakan rasa sembelit yang menjadi salah satu masalah utama yang kerap dialami oleh ibu hamil.

  1. Menurunkan resiko terkena kanker paru-paru

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa jagung manis juga sangat baik untuk mencegah kanker paru-paru karena memiliki zat kimia alami yang dikenal sebagai cryptoxanthin. Ketika zat kimia alami pada jagung ini diserap oleh tubuh, maka zat kimia tersebut nantinya akan berubah menjadi vitamin A. Melalui zat tersebut, tubuh akan mengurangi resiko adanya kanker paru-paru serta resik dari kemunculan kanker jenis lain.

  1. Menguatkan daya ingat

Jagung manis memiliki kandungan yang kaya akan vitamij B1 dan thiamine yang sangat berperan penting untuk meningkatkan daya ingat. Selain meningkatkan daya ingat, jagung manis pun berperan penting untuk mencegah penyakit yang berkaitan dengan ingatan, misalanya saja seperti demensia dan alzheirmer.

Nah, setelah kita mengetahui manfaat dan kandungan nutrisi pada jagung, maka kini saatnya mengenal lebih dekat mengenai pengolahan jagung. Jagung sendiri termasuk sebagai salah satu kelomok biji-bijian yang bias ditambahkan ke berbagai jenis makanan dengan berbagai cara. Ada banyak jagung yang bias kita dapatkan, baik berupa jagung utuh yang tersedia di pasar tradisional maupun pasar swalayan serta jagung yang sudah diolah dalam bentuk beku dan kalengan.

Untuk mengonsumsi jagung secara praktis, kita cukup merebus, mengukus, atau membakar jagung. Untuk membuat jagung bakar, kita perlu membersihkan batang jagung dari kulitnya, kemudian mengoleskan mentega dan membakar jagung di atas panggangan. Sementara untuk jagung rebus kita hanya perlu merebus jagung pada air mendidih atau memasukkannya ke dalam alat kukusan untuk membuat jagung kukus. Sementara untuk salad atau sup, jagung perlu dipipil terlebih dahulu sebelum dicampurkan ke dalam sup, salad, maupun ditumis dengan jenis sayuran lainnya.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.