Tim Wasev di dampingi Dinas PMD Prov. Sumbar memonitoring dan evaluasi proyek TMMD ke 116

Tim Wasev di dampingi Dinas PMD Prov. Sumbar memonitoring dan evaluasi proyek TMMD ke 116

Info Nagari Admin DPMD(Operator - Admin) 31 Agustus 2023 13:15:30 WIB


Tim pengawas dan evaluasi (Wasev) TMMD ke 116 dibawah pimpinan Brigjen TNI Hamim Tohari MA, bersama Dinas PMD Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Bapak Amriman,SPd.MM Sekretaris DPMD Prov. Sumbar beserta jajaran, tinjau pelaksanaan TMMD ke 116 Kab. Kep. Mentawai yang sudah berlangsung dua pekan lebih di Desa BUKIT pamewa kec. sipora utara, Rabu(24/05/2023)
Kedatangan tim Wasev TMMD ke- 116 dan Dinas PMD Provinsi Sumatera Barat disambut langsung oleh Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke- 116 Kodim 0319/Mentawai Letkol Inf Suirwan, Pj Bupati Mentawai diwakili Asisten I, Danlanal Mentawai, Kapolres Mentawai, Kakansar, Kejari Mentawai dan Kepala OPD Pemda Kab. Mentawai beserta jajaran.
Sebelum kegiatan dimulai di sekitaran kantor Bupati Mentawai dilakukan penyambutan Tim Wasev dan Dinas PMD Prov. Sumbar dengan suguhan tari tradisional Mentawai, Turu” Sikerei sekaligus dilakukan pengalungan bunga dan manik-manik.
Di kantor Bupati, Tim Wasev TMMD 116 dan Dinas PMD Prov. Sumbar mendengarkan sambutan, Pj. Bupati Kep. Mentawai Asisten I, Nurdin, S.Sos, mengucapkan selamat datang kepada tim Wasev dan Dinas PMD Prov. Sumbar, menyampaikan ucapan terima kasih atas berlangsungnya kegiatan program TMMD di Desa Bukit Pamewa Kec. Sipora Utara Kab. Kep. Mentawai.
Pj Bupati Kep. mentawai mengatakan syukur Alhamdulillah, tentunya kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas program fisik dalam TMMD ini. Sehingga kami di Mentawai yang sebelumnya terisolir sekarang aksesnya sudah terbuka. Sementara untuk program non fisiknya, yang juga mampu membuka dan menambah wawasan terutama warga mentawai semuanya. Tentunya kami juga berharap kerjasama ini tidak hanya selesai pada TMMD saja, harapannya kedepannya program-pembangunan terus berlanjut di Kab. Kep. Mentawai.
Dansatgas TMMD 116 Kodim 0319/Mentawai, Letkol Inf Suirwan SIP, memaparkan progres hasil pelaksanaan kegiatan program TMMD ke- 116 di Desa Bukit Pamewa Dusun Berkat Kec. Sipora Utara hingga saat ini sudah berlangsung selama 14 hari sejak dibuka pada 10 Mei 2023 yang lalu. Sementara dalam pengerjaannya, sasaran program TMMD dilakukan dengan gotong-royong antara anggota Satgas dan berbagai elemen masyarakat.
Dansatgas juga menyampaikan bahwa program TMMD merupakan salah satu kegiatan operasi bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral oleh TNI, bekerjasama dengan pemerintah daerah, Kepolisian serta komponen masyarakat lainya, yang disinergikan dan diintegrasikan dengan tujuan untuk meningkatkan pembangunan didaerah baik pambangunan fisik maupun non fisik agar taraf kehidupan masyarakat menjadi lebih baik.
“Program ini bertujuan membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan bersifat fisik dan non fisik, guna memantapkan kemanunggalan TNI-rakyat dalam rangka menyiapkan Ruang, Alat dan Kondisi Juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan wilayah,” Ungkap Letkol Inf Suirwan,SIP.
Pada kesempatan itu, Brigjen TNI Hamim Tohari MA, mengungkapkan bahwa kunjungan Tim Wasev bersama Dinas PMD Prov. Sumbar dilakukan dengan tujuan untuk mengukur dan evaluasi kinerja Satgas TMMD 116 yaitu dari mulai tahap perencanaan, persiapan, pelaksanaan sampai dengan penutupan serta untuk membantu percepatan pembangunan di daerah yang terisolir yang sulit akses jalan.
“Untuk sasaran fisik dan non fisik yang dikerjakan pada program TMMD ini diharapkan dapat mendorong tumbuhnya kreatifitas masyarakat dalam mengangkat kualitas kehidupan kearah yang lebih baik, maju, sejahtera dan mandiri.
Ketua Tim Wasev juga berpesan untuk terus memelihara hubungan yang sudah terbina dengan baik selama ini antara aparat TNI dengan Polri, Pemda maupun dinas/instansi terkait, aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama sehingga Kemanunggalan TNI-Rakyat semakin tangguh.
Setelah mendengarkan paparan dan makan siang bersama, rombongan langsung menuju lokasi RTLH di Dusun Berkat dan kemudian meninjau lokasi jalan di Dusun Betumonga.
Setelah meninjau lokasi-lokasi, rombongan menuju Posko di Bukit Pamewa Kec. Sipora utara, rombongan disambut anggota pramuka.
Pada kesempatan kunjungan di lokasi RTLH, Brigjen Hamim Tohari.MA, didampingi Letkol Inf. Suirwan SIP menyerahkan tali asih pada 10 orang masyarakat berupa paket sembako.
Dan satgas juga berharap bantuan ini dapat bermanfaat. “Ini merupakan wujud kepedulian TNI pada masyarakat dan sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat, ungkap Letkol Inf Suirwan, SIP.(r)