Wirid Mingguan di Dinas PMD Sumbar, Temanya Kunci Keberhasilan Rasulullah SAW

Wirid Mingguan di Dinas PMD Sumbar, Temanya Kunci Keberhasilan Rasulullah SAW

Umum Admin DPMD(Operator - Admin) 23 Oktober 2023 09:16:54 WIB


Padang, PilarbangsaNew.

Wirid Mingguan di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar mengangkat tema yang menarik, yaitu kunci keberhasilan Rasulullah Nabi Muhammad SAW yang disampaikan oleh Ustadz Syahrial Saher, S.Ag.

Dalam wirid mingguan hari Jum’at (20/10/2023) ini hadir langsung Kepala Dinas PMD Sumbar H. Amasrul, SH., Sekretaris Dinas PMD Amriman, S.Pd.MM., Kabid, JFT/JFU dan seluruh ASN Dinas PMD di Aula Lantai 2.

Menurut Ustadz Syahrial Saher, S.Ag., ada lima kunci keberhasilan Rasulullah SAW dalam mengembangkan Islam sehingga berjaya menjadi agama yang terbesar di dunia.

Pertama, Rasulullah SAW dari kecil sudah diuji dengan berbagai ujian kehidupan sehingga tahan banting, dan tidak mudah menyerah. Kedua, satu kata antara kata yang diucapkan dengan perbuatan, tidak mencla-mencle.

Kunci ketiga adalah menyampaikan Islam dengan moral dan akhlak. Artinya ajaran Islam itu dapat dilihat bahwa dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari Nabi Muhammad SAW.

Keempat, sahabat para sahabat Rasulullah SAW yang memiliki kemampuan masing-masing dan selalu mendukung untuk mencapai keberhasilan perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam mengembangkan ajaran agama Islam.

Kunci yang kelima adalah, sandaran Nabi Muhammad SAW semata-mata adalah Allah SWT. Tidak ada yang lain. “Setelah berjuang, berusaha maka Nabi Muhammad SAW menyerahkan dengan berdoa kepada Allah SWT,” kata Ustadz Syahrial Saher, S.Ag.

Sementara itu Kadis PMD Sumbar H. Amasrul, SH dalam pengarahannya kepada peserta wirid mingguan mengatakan, Nabi Muhammad SAW adalah sosok teladan dari umat Islam. Ucapan dan tindakan Nabi Muhammad SAW menjadi hadist yang menjadi pegangan umat Islam bersama-sama dengan Al Qur’an.

Mengenang hari kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah momentum yang tepat untuk mensyukuri dengan cara banyak bershalawat, mencontoh sifat-sifat mulia Nabi Muhammad SAW dan mengharapkan pada hari akhir nanti mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

“Kepada seluruh ASN Dinas PMD Sumbar diharapkan selalu berpegang teguh dan menjalankan dua pusaka umat Islam ini, yaitu Al Qur’an dan Hadist, sehingga selamat kehidupan di dunia dan akhirat,” kata Amasrul, SH yang merupakan mantan Sekda Kota Padang ini.

Kasubag Umkep Adi Pondra, S.Pd mengatakan, Wirid Mingguan di Dinas PMD Sumbar diikuti 45 dari 49 ASN yang ada di dinas ini. Sisanya tercatat sedang cuti 2 orang dan dinas luar 2 orang. (gk)