Gubernur Mahlyedi Sahur Dirumah Seorang Buruh Panggul di Padang Panjang

Gubernur Mahlyedi Sahur Dirumah Seorang Buruh Panggul di Padang Panjang

Umum Admin DPMD(Operator - Admin) 06 April 2023 11:10:25 WIB


Padang Panjang, April

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah bersama istri Ny. Harneli Mahyeldi dan beberapa Kepala OPD melakukan singgah sahur di rumah salah seorang warga di Tanah Paklambiak, Kota Padang Panjang pada Sabtu (1/4/2023) dini hari.

Kedatangan Gubernur Mahyeldi di pagi buta tersebut sangat mengejutkan keluarga dari Aidil Fitri (56) alias Edi dan istrinya Kamsinah. Suami istri itu langsung menyalami orang nomor satu di Sumbar tersebut dan mempersilahkan masuk.

Untuk memasuki rumah Edi, Gubernur Mahyeldi beserta rombongan kelihatan kesulitan, karena pintu hanya luasnya kurang lebih 50 cm. "Kehadiran kami disini ingin melihat langsung kondisi bapak Edi disini, sekaligus ingin makan sahur bersama," kata Mahyeldi sambil duduk bersila di rumah yang sangat sempit.

Gubernur Mahyeldi menjelaskan kegiatan singgah sahur ini merupakan program yang digagas Pemerintah Provinsi Sumbar untuk mengunjungi warga yang kurang mampu.

"Program singgah sahur sudah menjadi program rutin setiap tahunnya yang didanai dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dengan membantu untuk bedah rumah sebesar Rp25 juta. Mudah-mudahan dengan bantuan ini Pak Edi bisa memperbaiki rumah ini," kata Gubernur Mahyeldi.

Rumah Edi ini merupakan warisan dari keluarga istrinya Kamsinah (50), kondisinya sangat memprihatinkan. Ukurannya 9x4 meter dan tinggi 2,5 meter. Rumah ini sudah ditinggali Edi, istrinya dan kedua anaknya selama 18 tahun.

Edi merupakan seorang buruh panggul pupuk di salah satu gudang di Padang Panjang yang berpenghasilan rata-rata Rp25 ribu perhari. Sementara Istrinya bekerja sebagai tukang cuci piring di sebuah rumah makan.

"Saya kaget, ada yang mengetuk pintu, dikira siapa, rupanya Pak Gubernur. Alhamdulillah, terima kasih Pak Gurbernur, dengan bantuan Bapak kami dapat memperbaiki rumah ini," kata Edi terharu.

Setelah itu, Gubernur Mahyeldi bersama rombongan mengajak Edi dan keluarga makan sahur bersama dengan menikmati hidangan yang telah disiapkan oleh tim.

Tampak mendampingi Gurbernur dalam Singgah Sahur di Padang Panjang ini Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Amasrul, SH., Kadis Pendidikan Barlius, Kepala Biro Kesra Al Amin, S.Sos dan Baznas Sumbar. (*)