Gubernur Mahyeldi Kunjungi Mesjid Sa’adah Gurun Tanah Datar

Gubernur Mahyeldi Kunjungi Mesjid Sa’adah Gurun Tanah Datar

Info Nagari Admin DPMD(Operator - Admin) 17 April 2023 16:06:48 WIB


Tanah Datar, PilarbangsaNews

 Kunjungan Tim Safari Ramadhan (TSR) Khusus Provinsi yang dipimpin oleh Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi Ansharullah ke Kabupaten Tanah Datar pada Kamis (13/4/2023) lalu, tujuannya adalah ke Masjid Sa’adah, Nagari Gurun, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar (Sumbar).

Dalam TSR Khusus ini Gubernur Buya Mahyeldi didampingi Kepala OPD, antara lain Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar Amasrul, SH., Kadis Pendidikan Drs. Barlius, M.Pd., Pimpinan Baznas Sumbar, Bank Nagari, Kadis Pertanian, Biro Kesra Setdaprov, Kabag Bina Mental Spritual, Kasubag Umkep Dinas PMD Sumbar Adi Pondra, S.Pd., dan penceramah Ridho M. Nur, Lc.MA

Pada kesempatan memberikan sambutan, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga kondusifitas daerah, jangan terpancing dengan politik adu domba yang mungkin saja mulai dihembuskan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab menjelang Pemilu tahun 2024.

Kata Gubernur, stabilitas dan kondusifitas masyarakat sangat penting agar pesta demokrasi tersebut dapat berjalan sukses dan lancar nantinya. “Saya ingatkan tahun 2024 mendatang akan ada pesta demokrasi. Partai sudah ditentukan nomor urutnya, para Caleg sedang bersiap-siap dengan sosialisasi, Calon Presiden juga sedang dalam proses pencarian. Saya harapkan masyarakat lebih mengedepankan suasana kondusif, tidak terpancing dengan politik adu domba,” ujar Gubernur Mahyeldi.

Suksesnya Pemilu tidak terlepas dari peran serta dan partisipasi masyarakat, karena itu merupakan wujud tanggung jawab seorang warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Untuk itu Gubernur mengimbau kepada masyarakat untuk memastikan dirinya, apakah telah terdaftar sebagai pemilih ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, sehingga hak suaranya dapat disalurkan pada Pemilu tahun 2024 nanti.

“Masyarakat untuk berperan aktif melakukan pengecekan apakah dirinya telah terdaftar sebagai pemilih atau belum ke Kantor KPU setempat, yang saat ini bisa dilakukan secara lansung maupun online,” kata orang nomor satu di Sumbar ini.

Pada kesempatan ini Gubernur Mahlyedi menyerahkan bantuan hibah Pemprov Sumbar sebesar Rp50 juta untuk Masjid Sa’adah dan ditambah bantuan Al Qur’an dari Dinas PMD Sumbar yang diserahkan oleh Kadis Amasrul, SH.

Masjid Sa’adah yang terletak di Kenagarian Gurun ini berdiri sejak tahun 1910 silam. Masjid ini berdiri kokoh hingga sekarang. Sejarahnya, Masjid Sa’adah dibangun dari donasi perantau Gurun seorang saudagar terkenal yaitu Datuak Panduko Intan dan juga atas donasi seorang pemuka Etnis Tionghoa di Kota Padang bernama Kapten Lie Goan Hoat.

Arsitektur masjid ini sangat sangat khas yaitu bertingkat-tingkat. Pada tingkat paling atas terdapat ruang persegi empat yang dimahkotai dengan atap gonjong yang khas Minangkabau. Bangunan masjid ini termasuk cagar budaya yang dilindungi. (gk)