DPMD Sumatra Barat Melakukan Rapat Kordinasi Bersama BUM Des dan BUM Nag

DPMD Sumatra Barat Melakukan Rapat Kordinasi Bersama BUM Des dan BUM Nag

Info Nagari Admin DPMD(Operator - Admin) 16 Mei 2023 09:36:30 WIB


BUM Des dan BUM Nag  adalah suatu badan usaha milik desa dan nagari  yg bertujuan untuk kesesakteraan serta meningkatkan ekonomi masyarakat desa atau nagari . Sehingga terwujudnya sumatra barat yang madani yang unggul dan berkelanjutan .

Untuk itu Dinas DPMD sumatra barat terus berkordinasi dan mensuprot  BUM Des dan BUM Nag  lewat rapat kordinasi secara berkelanjutan  sehingga  dalam melaksanakan usaha serta penggunaan dana desa tahun 2023 sesuai aturan yg berlaku , sehingga  mampu  untuk meningkatkan ekonomi yg merata sesuai yg diharapkan .  Serta memperkuat keuangan ditingkat desa dan nagari akan terwujud.

BUM Des dan BUM Nag diharapkan sudah berbadan hukum karena  ini suatu jalan bagi suatu bandan usaha milik desa atau nagari mempunyai legalitas yang sah sehingga bisa mendapat bantuan  bantuan dari provinsi maupun pemerintah pusat  dalam mengembangkan usahanya.

Sementara itu gubernur sumatra barat menyatakan  BUM Des Dan BUM Nag harus menggali potensi  –  potensi yg bisa dikelola  , antara lain potensi SDM dan potensi sumber daya alam nagari maupun desa,  ini bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat ,  Serta sebagai pengembangan  produk unggulan kawasan desa atau nagari

BUM Des dan BUM Nag  bisa mengelola potensi usaha , memanfaatkan aset , mengembangkan invsestasi dan produktivitas , menyediakan jasa pelayanan serta menyediakan jenis usaha lainya untuk sebesar besarnya umtuk kesejakteraan masyarakat desa atau nagari . ( H )