LPM MITRA PEMERINTAH KELURAHAN DALAM PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASTARAKAT DI KELURAHAN

LPM MITRA PEMERINTAH KELURAHAN DALAM PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASTARAKAT DI KELURAHAN

Info Nagari Admin DPMD(Operator - Admin) 25 Mei 2023 10:54:38 WIB


HAL ini dusampaikan oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansyarullah ketika membuka secara resmi Bimtek Peningkatan Kapasitas Lembaga Pemberdayaan Madyarakat (LPM) di Hotel TRUNTUM, Jln. Gereja. No. 34 Padang Senin 22 Mei 2023. Peserta Bimtek ini berjumlah 104 orang adalah dari Kota Padang. Bimtek ini mengambil tema "Melalui Bimvingan Teknis Lembaga Pemberdayaan Madyarakat Desa (LMP) kita tingkatkan Peran dan Fungsi Kelembagaan LPM di Nagari/Desa/Kelurahan Menuju Sumatera Barat Madani yang Unggul dan Berkelanjutan"

Dalam sambutannya Gubernur mengatakan bahwa LPM sangat besar perannya di tengah masyarakat, disamping sebagai perencana pembangunan di kelurahan juga sebagai wadah partisipasi masyarakat di Kelurahan dan di Desa/Nagari. LPM sebagai Mitra Pemerintah Kelurahan terutama dalam mendukung peningkatan kualitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Mantan Walikota Padang ini juga mengharapkan kepada seluruh LPM agar selalu meningkatkan peran dan fungsinya sehingga pembangunan di Kelurahan khususnya di Kota Padang akan lebih meningkatkan dan berkembang.

Selanjutnya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Amasrul. SH yang juga sebagai panitia pelaksana mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan  dasar hukumnya adalah Per men Dagri No. 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa, juga Permendagri No. 130 Tahun 2018 tentang kegiatan Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan dan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan. Maksud dan Tujuannya adalah, agar anggota LPM Kelurahan mempunyai pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja yang baij, seduai dengan maksud dan tujuan Permendagri No. 18 tahun 2018 tentang LKD dan LAD beserta peraturan pendukung lainnya. Disamping itu agar anghota LPM Kelurahan memiliki kemampuan dan pemahaman yang baik dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai mitra pemerintah kelurahan terilutama dalam rangka mendukung peningkatan kualitas pembangunan dan oemberdayaan masyarakat di kelurahan. Disamping itu juga membina anggota LPM jelurahan dari aspek oenguatan SDM dalam rangka meningkatkan kapasitas, peran, tugas dan fungsi kelembagaan LPM kelurahan dalam menampung dan menyalurkan aspirasi madyarakat, meningkatkan partisipasi madmsyarakat dan membangun jejaring pemberdayaan serta menciptakan inovasi dalam meningkatkan kualitas dan percepatan pelayanan pemerintah kelurahan kepada masyarakat, menuju Sumatera Barat Madani yang unggul dan berkelanjutan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 22 sampai 24 Mei 2023 dan Pembiayaan kegiatan ini bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Barat Tahun Anggaran 2023, demikian Amasrul menutup keterangannya.