DINAS PMD PROVINSI SUMATERA BARAT LAKSANAKAN RAPAT KOORDINASI TMMD KE-118 tahun 2023 di Aula Kantor Gubernur.

DINAS PMD PROVINSI SUMATERA BARAT LAKSANAKAN RAPAT KOORDINASI TMMD KE-118 tahun 2023 di Aula Kantor Gubernur.

Info Nagari Admin DPMD(Operator - Admin) 31 Agustus 2023 13:20:13 WIB


Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat dan Korem 032/Wirabraja menyambut 56 OPD/instansi dan Lembaga terkait hadir sebagai Peserta Rapat Koordinasi TMMD ke-118 Tahun 2023 dengan Tema “Melalui Sinergi Lintas Sektoral untuk mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat” di Aula Kantor Gubernur pada Kamis (31/8).
Dalam kegiatan tersebut hadir Gubernur Sumatera Barat yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Amasrul,SH, Bupati Solok yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Romi Hendrawan, S.Sos.M.Si, Kodim 0309/Kab. Solok beserta jajarannya, dan OPD/instansi dan Lembaga terkait yang akan memberikan dukungan anggaran pada kegiatan TMMD ke 118 tersebut.
Rapat dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumatera Barat Amasrul,SH dalam kesempatan tersebut menyampaikan sambutan Gubernur Sumatera Barat bahwa TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari merupakan bentuk upaya untuk membuka akses transportasi dan keterisoliran wilayah dan mendukung percepatan pembangunan wilayah khususnya Nagari Tanjung Alai Kec. X Koto Singkarak Kabupaten Solok. Dan semoga Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, TNI bersama komponen terkait dan Masyarakat bersinergi untuk kelancaran pelaksanaan TMMD Ke 118 Tahun 2023 di Kabupaten Solok.
Hadir mewakili Bupati Solok Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Romi Hendrawan, S.Sos.M.Si dalam kesempatan tersebut memaparkan paparan Bupati Solok Terkait rencana kegiatan TMMD ke 118 di Kabupaten Solok bahwa “nantinya akan dilaksanakan kegiatan TMMD ini ada dua sasaran kegiatan, yaitu fisik dan non fisik, dimana pada kegiatan fisik akan membuka jalan sepanjang 1400 meter dengan lebar 7 meter dan pengerasan badan jalan berupa Agregat kelas C dengan panjang 460m dan lebar 4 meter dari jalur Tanah Kuning Palak Pinang melalui Kapalo Tarok dengan kondisi jalan saat ini merupakan lintasan perkebunan warga. Selain itu juga akan ada renovasi pembangunan Rumah Layak Tidak Huni sebanyak 5 Unit Rumah yang berada di Jorong Buah Jambu Nagari Tanjung Alai” ungkapnya.
Sementara pada kegiatan non fisik nantinya juga dilakukan penyuluhan yang dilakukan oleh Kodim 0309/Kab. Solok dan juga oleh beberapa OPD di Pemkab Solok kepada masyarakat. Kemudian untuk Dukungan Anggaran dalam pelaksanaan TMMD/N berasal dari dana APBD Pemkab Solok sebanyak 788juta, sambungnya.
Kemudian Komandan Korem 032/WBR dalam hal ini diwakilkan oleh Kasiter Korem 032/WBR juga menyampaikan bahwa dengan berjalannya sinergi yang baik antara pemerintah Provinsi Sumatera Barat, TNI, Pemkab Solok, dan dukungan dari 56 OPD/Intansi vertikal yang terkait akan memberikan banyak manfaat dan dampak positif di Nagari Tanjung Alai Kec. X Koto Singkarak Kabupaten Solok melalui pelaksanaan kegiatan TMMD ke-118 Tahun 2023 di Kabupaten Solok. Dan harapannya kegiatan TMMD ini akan mendapatkan output yang baik yaitu terbukanya jalan baru untuk masyarakat sehingga dapat memangkas waktu tempuh dan dapat menjadi akses untuk proses distribusi hasil pertanian di nagari tersebut. (DPMD-Sumbar)