Sumbar Raih Empat Penghargaan Dalam Epdeskel dan Prodeskel Tahun 2023

Sumbar Raih Empat Penghargaan Dalam Epdeskel dan Prodeskel Tahun 2023

Inovasi Desa Admin DPMD(Operator - Admin) 13 November 2023 09:01:56 WIB


FS.JAKARTA - Prestasi gemilang, berupa empat penghargaan diraih Provinsi Sumatera Barat dalam Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Epdeskel) dan Program Desa dan Kelurahan (Prodeskel) tahun 2023 yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri. 
 
Keempat Penghargaan itu adalah: Provinsi Sumbar meraih Cakupan Pengisian Epdeskel Tertinggi tahun 2023, Provinsi Sumbar meraih Prosentase Kategori Cepat Berkembang Tertinggi Epdeskel 2023, Kabupaten Pasaman meraih Cakupan Pengisian Prodeskel Tertinggi 2023, dan Kabupaten Lima Puluh Kota Kabupaten Cakupan Pengisian Prodeskel Tertinggi tahun 2023.
 
Mendagri yang diwakili Dirjen Bina Pemerintahan Desa Dr. Drs. La Ode Ahmad Pidana Bolombo, AP, M.Si menyerahkan langsung Piagam Penghargaan kepada Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar yang diwakili Kabid Pemnag Desrianto Boy, S.Pd.M.Si dalam Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Pindeskel) tahun 2023 di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Jum'at (10/11/2023).
 
Piagam Penghargaan lainnya atas prestasi Provinsi Sumbar dalam Epdeskel tahun 2023 diterima oleh JFT Pemerintahan Desa Retma Nency, SS.TP. Ikut dalam tim Pemprov Sumbar ke Pekan Inovasi Pindeskel tahun 2023 ini JFT Yuli Yuswan.
 
Menurut Kabid Pemerintahan Nagari Desrianto Boy, S.Pd.M.Si., prestasi yang diraih Provinsi Sumbar bersama Kabupaten Pasaman dan Limapuluh Kota di tingkat nasional ini adalah bukti dari keseriusan dan kerja keras Sumbar dalam melakukan pembinaan pemerintahan nagari, desa dan kelurahan selama ini.
 
"Kerja keras  Dinas PMD Sumbar bersama dengan Dinas PMN di kabupaten/kota yang tidak henti dalam pembinaan Nagari, Desa dan Kelurahan telah membuahkan hasil. Ini tentunya tidak terlepas dari arahan Buya Gubernur dan Wakil Gubernur di Pemprov serta Bapak Bupati di Kabupaten," kata Desrianto Boy, putra Kabupaten Sijunjung ini. 
 
Epdeskel adalah berupa aplikasi yang digunakan untuk mengisi Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan guna menentukan status perkembangan desa dan kelurahan dalam setiap tahunnya.
 
Sedangkan Prodeskel adalah Program Desa dan Kelurahan yang merupakan program Pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk membantu pengelolaan keuangan dan administrasi desa/kelurahan secara efektif dan efisien. 
 
Epdeskel dan Prodeskel ini berada dibawah Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, yang selalu mendapat penilaian setiap tahunnya antar provinsi dan seluruh kabupaten/kota seluruh Indonesia. (*)