Diserahkan Kadis Amasrul, Gubernur Sumbar Mahyeldi Terima Piagam Penghargaan dan Lencana TTG Inovasi Desa

Diserahkan Kadis Amasrul, Gubernur Sumbar Mahyeldi Terima Piagam Penghargaan dan Lencana TTG Inovasi Desa

Inovasi Desa Admin DPMD(Operator - Admin) 23 Juli 2024 10:26:45 WIB


Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi menerima Piagam Penghargaan dan Lencana Teknologi Tepat Guna (TTG) Inovasi Desa Kementerian Desa PDTT, yang diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar H. Amasrul, SH di Istana Gubernuran, Senin (22/7/2024) pagi.

 Penghargaan dan Lencana TTG Inovasi Desa itu resminya diserahkan oleh Menteri Desa PDTT Dr. Abdul Halim Iskandar kepada Kadis Amasrul, SH pada acara Pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXV di Lapangan Islamic Center, Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat pada Senin (15/07/2024) lalu. Pada waktu itu Gubernur Mahyeldi ada agenda kedinasan di Sumbar sehingga tidak bias menghadiri ke Mataram.

 Penghargaan tingkat nasional itu diberikan hanya kepada dua kepala daerah provinsi yang peduli, berkontribusi dan kerja keras dalam membina pengembangan teknologi tepat guna inovasi desa, yaitu Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Penilaian penghargaan ini bersifat menyeluruh dan melibatkan dewan juri antara lain Badan Riset Inovasi Nasional RI, Kementerian Hukum dan HAM, akademisi Perguruan Tinggi dan Kemendes PDTT RI.

“Alhamdulillah, tentu saja piagam serta lencana ini merupakan buah kerja keras kita di Pemprov Sumbar, dalam mengembangkan ekosistem serta penerapan teknologi tepat guna inovasi desa di Sumbar. Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri Desa PDTT atas penghargaan ini,” ujar Gubernur Mahyeldi sembari menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada jajaran Dinas PMD Sumbar, Dinas PMN di Kabupaten/Kota, Wali Nagari, Kepala Desa, dan seluruh tenaga pendamping desa/nagari.

Seluruh pemangku kepentingan di daerah harus turut serta dalam pemasaran teknologi tepat guna yang telah berhasil diproduksi sebagai inovasi-inovasi daerah. Tidak hanya pemerintah, tanggung jawab pemasaran TTG juga berada di pundak para pengusaha lokal, sehingga hasil TTG Inovasi Desa menjadi lebih dikenal dan diminati oleh masyarakat luas, serta dapat mengedukasi masyarakat akan manfaat teknologi itu sendiri.

 Sementara itu Kadis PMD Sumbar H. Amasrul, berharap nagari/desa yang belum melakukan Inovasi TTG dapat melakukan studi banding kepada nagari/desa yang TTG Inovasi Desa nya telah berhasil menjadi juara kabupaten, provinsi dan nasional, sehingga memacu semangat untuk menciptakan TTG Inovasi Desa.

“Dengan diraihnya Penghargaan Pembinaan Pengembangan TTG Inovasi Desa ini akan makin mendorong tumbuhnya teknologi tepat guna di nagari dan desa di Sumbar pada masa yang akan datang. Semoga kedepan teknologi tepat guna dapat berkembang dengan baik dan dapat dirasakan manfaatnya ditengah masyarakat nagari/desa, kita dorong BUMNag dan BUMDes menjadi pelopor pemanfaatan TTG Inovasi Desa,” kata Kadis Amasrul, SH., yang merupakan mantan Sekda Kota Padang ini.

 Dalam penyerahan Piagam Penghargaan dan Lencana TTG Inovasi Desa ini, Kadis PMD Sumbar Amasrul, SH., didampingi Kabid UEM, SDA dan TTG Mahdianur, SE., MM dan JFU Bidang UEM yaitu Ruji Aprilus Al Jassri, SH dan Mettrawati, SE. (PB)